Selasa, 17 Juni 2008

Komputer dan Dampak Fisik dengan "video display terminal" (VDT)

Komputer secara umum terdiri dari dua perangkat, yaitu hard ware dan soft ware. Monitor komputer atau dikenal dengan "video display terminal " (VDT) dimasukkan sebagai hard ware sedangkan aplikasi program dimasukkan sebagai soft ware. Sehari–hari kita selalu dipengaruhi oleh radiasi karena kita dikelilingi oleh radioaktifitas alam dipermukaan bumi dan sinar kosmik dari ruang angkasa, radiasi ini tidak dapat dikendalikan. Selain itu terdapat radiasi buatan manusia dan radiasi itu harus dikendalikan. Semua radiasi buatan manusia berasal dari produk atau peralatan elektronik, misalnya mesin sinar–X diagnostik, piranti radar, sumber laser dan komputer.
Banyak komponen pesawat televisi dan komputer beroperasi pada tegangan tinggi, membuat layar monitor televisi atau komputer berpotensi membangkitkan sinar–X , dengan demikian pesawat televisi dan komputer yang menghasilkan radiasi sinar–X yang mempunyai bahaya potensial. Efek fisik yang berasal dari radiasi komputer, bahkan bila kita mematikan komputer radiasi masih tetap ada, sehingga kita tidak bisa menghindar.

Efek fisik yang ditimbulkan radiasi gelombang elektromagnetik dibedakan antara radiasi yang menghasilkan ion dan yang tidak menghasilkan ion. Radiasi pengion mempunyai energi yang lebih tinggi, radiasi elektromagnetik yang ditimbulkan monitor komputer sebagian kecil adalah radiasi pengion, karena intensitasnya yang kecil radiasi pengion sudah habis sebelum mencapai tubuh. Bagian terbesar radiasi komputer tidak mempunyai sifat radioaktif yang berarti radiasi non–pengion.

Dapat dikatakan bahwa radiasi komputer tidak akan menimbulkan efek yang berbahaya terhadap manusia, tetapi yang diperhatikan adalah lamanya radiasi menyinari tubuh, khususnya yang mengenai mata. Intensitas radiasi yang rendah tetapi lama penyinaran yang panjang, beberapa jam dalam sehari dapat menimbulkan gangguan fisiologis.

Untuk mengurangi dampak dari monitor komputer perlu memperhatikan aspek ergonomis dari tempat kerja dan lingkungan kerja. Tempat kerja memperhatikan monitor komputer, rancangan tempat kerja memperhatikan tinggi meja, tinggi kursi dan jarak mata–VDT (450–700) mm, dan jarak optimal 500–600 mm.

Lingkungan kerja memperhatikan penerangan sebaiknya 300–700 lux. Suhu dan kelembabn disarankan 19–26 ‘ C dan kelembaban 40–60 %, sedangkan suhu yang nyaman diindonesia 24-26 ‘ C dan perbedaan suhu didalam dan diluar ruangan tidak melebihi 5 ‘ C. Kebisingan secara umum dibawah 60 dB (40–60 dB). Disamping faktor diatas dianjurkan untuk istirahat selama 15 menit setelah bekerja terus menerus dengan VDTselama 2 jam dengan beban kerja sedang dan 1 jam pada beban kerja berat. Olah raga yang teratur juga dianjurkan untuk meningkatkan kebugaran.

Ada beberapa tips untuk mengurangi efek radiasi Komputer

  1. Jaga jarak komputer dengan mata Anda, minimal 50 cm.
  2. Atur posisi monitor, sehingga atas monitor sejajar dengan mata Anda.
  3. Atur pencahayaan sehingga tidak ada pantulan cahaya yang menyilaukan.
  4. Berkediplah lebih sering untuk menjaga mata agar tidak kering (minimal 5 menit sekali).
  5. Gunakan filter monitor yang bagus untuk mengurangi radiasi.
  6. Sekali-kali menolehlah ke arah pandangan yang jauh untuk mengendurkan ketegangan di mata.
  7. 7. Setiap 2 - 3 jam, beristirahatlah sekitar 5 menit untuk mencegah keletihan mata dan juga badan dari radiasi (misalnya, pergi ke kamar kecil).

Tidak ada komentar: